Postingan

Komputer berasal dari kata bahasa Inggris, yaitu to compute yang berarti menghitung

  Komputer berasal dari kata bahasa Inggris, yaitu to compute yang berarti menghitung. Segala operasi yang ada di dalam komputer merupakan bentuk operasi matematis yang melibatkan bilangan komputer. Secara umum, sistem bilangan adalah sebuah kumpulan dari simbol yang menjelaskan ulang sebuah bilangan. Sistem bilangan komputer digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi daya dengan komputer lain. Bilangan komputer ada empat jenis, yaitu bilangan biner, bilangan oktal, bilangan desimal, dan bilangan heksadesimal. Yuk, kita bahas bersama masing-masing bilangan tersebut!   a. Bilangan Biner Bilangan biner atau binary digit (bit) adalah suatu sistem penulisan angka dengan menggunakan dua lambang adalah 0 dan 1. Sistem bilangan biner modern ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada masa zaman ke-17. Sistem bilangan ini merupakan landasan dari semua sistem bilangan berbasis digital. Prinsip dari sistem bilangan biner adalah: - Cuma punya dua simbol: nol (0) dan satu (1)- Tidak ada satu simb

Konversi Sistem Bilangan Komputer: Desimal, Biner, Oktal dan Heksa Desimal

  Konversi Sistem Bilangan Komputer: Desimal, Biner, Oktal dan Heksa Desimal Bilangan biner atau binary digit (bit) adalah suatu sistem penulisan angka dengan menggunakan dua lambang adalah 0 dan 1. Sistem bilangan biner modern ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada masa zaman ke-17. Sistem bilangan ini merupakan landasan dari semua sistem bilangan berbasis digital. Oleh karena itu, maka sistem komputer akan mengkonversi/merubah ke empat sistem bilangan yang lain, yaitu oktal, desimal, dan heksa desimal, kedalam sistem biner. Bagaimana cara kerja komputer dalam melakukan konversi tersebut? Berikut penjelasannya. 1. Konversi Bilangan Desimal ke Biner Konversi bilangan desimal ke biner adalah dengan cara membagi bilangan desimal dengan 2 (basis bilangan biner) dan menyimpan sisa hasil bagi dari setiap pembagian sebagai bit-bit bilangan biner. Nilai konversinya adalah urutan sisa hasil bagi dari yang paling akhir. Contoh :                                     88(10)= … (2) ·

Berlangsung Secara Hybrid, "Code The Ocean" Mengajak Anak Menjaga Laut Melalui Pemrograman

Gambar
  Berlangsung Secara Hybrid, "Code The Ocean" Mengajak Anak Menjaga Laut Melalui Pemrograman Rizky Amalia Senin, 12 Juni 2023 | 16:20 WIB       Koding merupakan salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode dalam bahasa pemrograman.  ( macrovector) GridKids.id  - Kids, tentunya sudah enggak asing lagi dengan istilah koding, ya. Koding merupakan salah satu tindakan dari langkah-langkah  pemrograman  dengan menuliskan kode dalam bahasa pemrograman. Nah, setiap kode yang kamu tulis akan membantu komputer untuk mengetahui dan memahami apa yang ingin kamu lakukan pada komputer. Tahukah kamu? Pengembangan internet dan teknologi digital semakin menentukan wajah depan dunia, lo. Belajar pemrograman memiliki peran penting dalam menghadapi perubahan dan tantangan ini. Maka enggak mengherankan jika anak-anak sekarang dilengkapi dengan informasi dan pemahaman yang cukup tentang pemrograman. Berkaitan dengan hal ini, Koding Next Indonesia sebagai sekolah pemr

Permainan yang Disediakan di Blockly Games, Informatika Kelas 8 SMP

Gambar
  Permainan yang Disediakan di Blockly Games, Informatika Kelas 8 SMP Senin, 3 April 2023 | 10:40 WIB Penulis: Andy Nugroho Editor: Danastri Putri       Permainan pada blockly games. GridKids.id  - Kids, sebelumnya kalian sudah belajar tentang  blockly games . Blockly games adalah sebuah media yang bisa digunakan untuk belajar dasar pemrograman. Media ini menggunakan metode yang mudah dipahami oleh para pemula. Bahkan, metode pembelajaran di dalam blockly games disajikan dengan permainan-permainan menarik. Nah, kali ini GridKids akan menyajikan permainan yang ada di dalam blockly games. Pada buka materi Informatika kelas VIII SMP juga membahas tentang blockly games. Yuk, langsung saja kita simak permainan yang ada di dalam blockly games! 8 Permainan dalam Blockly Games 1. Puzzle Pemain harus menyusun blok-blok yang berisi keterangan dan foto hewan ke blok hewan yang sesuai. Melalui permainan ini, kalian juga dapat belajar tentang kosakata dalam bahasa Inggris dan informasi tentang bebe

Operator dan Ekspresi

Gambar
  Skip to c Python Operator dan Ekspresi by  Alza   · Published  25 February 2019  · Updated  21 February 2022 This entry is part 7 of 12 in the series  Pengantar Pemrograman Python 1 Pengantar Pemrograman Python 1 Program Hello World menggunakan Python Urutan eksekusi kode program Menyisipkan komentar pada program Variabel dan tipe data Memberi nama variabel Menerima input dari user Operator dan Ekspresi Conditional: if, elif (else if), else Perulangan menggunakan for Perulangan menggunakan while Membuat fungsi Latihan soal dasar pemrograman Dalam pemrograman kita mengenal istilah operator dan ekspresi. Operator adalah simbol yang kita gunakan untuk memerintahkan compiler untuk melakukan operasi tertentu pada dua buah objek. Operasi dimaksud bisa berupa operasi matematis, relasional, ataupun operasi logika. Sebuah statement berupa operasi antara dua buah objek disebut ekspresi. Contoh : jumlah = 7 + 3 Pada contoh di atas, simbol  +  adalah operator, sementara  7 + 3  disebut sebagai